POLEMIK PENDIDIKAN DI INDONESIA

POLEMIK PENDIDIKAN DI INDONESIA
live smart

Rabu, 10 Desember 2014

contoh wawancara seputar pendidikan

Nama Narasumber
:
Kiki Abdullah
Lahir
:
Garut 11 Desember 1994
Pekerjaan
:
Guru SD Cilampuyang 03 & MTs Ma’arif 03
Nama pewawancara


Tema
:
:
1.      Ine Ahyar Hasriza
2.      Ranti Mariam

Seputar pendidikan sekolah dasar dan penerapan kurikulum 2013
Waktu
:
Senin 7 mei 2014
Jam 14.00 wib s/d selesai`
Ine


Pak kiki
Ine

Pak kiki
Ine
Pak kiki
Ine
Pak kiki
Ine
Pak kiki

Ine
Pak kiki


Ine
Pak kiki

Ine
Pak kiki


Ine

Pak kiki


Ine
Pak kiki



Ine
Pak kiki

Ine

Pak kiki

Ine
Pak kiki





Ranti
Pak kiki



Ranti
Pak kiki



Ranti
Pak kiki






Ranti

Pak kiki


Ranti

Pak kiki

Ranti
Pak kiki


Ranti
Pak kiki
Ranti
Pak kiki

Ranti
Pak kiki

Ranti
Pak kiki

Ranti
Pak kiki




:


:
:
:
:
:
:
:
:
:


:
:


:
:

:
:


:

:


:
:



:
:

:

:

:
:





:
:



:
:



:
:






:

:


:

:

:
:


:
:
:
:

:
:

:
:

:
:




Assalamualaikum wr wb , pak, saya dan teman saya mendapat tugas dari guru Bahasa Indonesia   yaitu wawancara , saya dan teman saya memilih bapak untuk menjadi narasumber nya , bagaimana bersediakah bapak ?
Oh begitu , ya silahkan kebetulan saya sedang tidak banyak kerjaan dik.
Baiklah pak perkenakalkan nama saya Ine dan teman saya Ranti , siapakah nama bapak?
Nama saya Kiki Abdullah
Baik pak kiki , kita mulai saja wawancaranya.
Silahkan dik.
Mengajar dimanakah bapak ?
Saya mengajar di SDN Cilampuyang 3 dan menjadi guru kelas V.
Bagaimana rasanya menjadi seorang guru?
Menjadi guru itu sangat banyak tntangan de, dan pernuh pertanggung jawaban untuk menjadikan anak murid menjadi anak yang berahlak mulia.
Apa saja yang sudah bapak lakukan selama menajdi guru?
Selama saya menjadi guru saya pernah melakukan apa yang pernah dilakukan sperti guru lainnya seperti, menghukum anak yang bandel,member tugas,dan juga saya disekolah menjadi Operator.
Apakah yang dimaksud dengan Operator pak?
Oprator itu de, orang yang pertama mengentry data dari sekolah untuk diberikan kepusat biasanya dengan via online.
Bagaimana rasanya menjadi seorang oprator?
Menjadi operator itu sangat cape dan melelahkan,terkadang sampai kerja malam,tidur jam 2 atau jam 3 malam itu sudah tidak aneh apalagi sudah berurusan dengan dapodik.
Bagaimana cara bapak untuk mengatur waktu bekerja mengajar disekolah dengan menjadi operator?
Saya mencoba untuk profesional,kalo saya disekolah harus ngajar ya mengajar dan jika saya harus mengetry data,saya harus mengentry data dan saya juga tidak lupa dengan dgn urusan pribadi saya.
Bagaimana menurut bapak tentang Pendidikan di Indonesia?
Menurut saya , pendidikan di Indonesia sangat memprihatinkan,jangankan ahlak anak didik tenaga pendidik nya pun masih belum menjadi contoh. Terkadang guru dan siswanya saling bermusuhan satu sama lain,guru merasa tidak mau merasa kalah anak didik nya pun sama halnya seperti gurunya tersebut.
Kurikulum apa yang bapak terapkan di sekolah bapak sekarang ini ?
Yang saya terapkan disekolah kurikulum kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP).
Mengapa bapak tidak mengikuti dan menerapkan kurikulum yang saat ini yaitu kurikulum 2013?
Kurikulum 2013 ,diterapkan jika di SD kelas 1,2 dan 3 itu juga belum semua SD menetapkan kurikulum 2103.
Mengapa baru sebagian yang merapkan kurikulum 2013?
karena, kurikulum 2013 itu SD pilihan,di Malangbong itu  belum ada yg menerapkan  kurikulum 2013,begitu juga di Kab Garut baru beberapa SD yang menerpkan kurikulum 2013 tersebut.



Apa perbedaan yang menonjol antara kurikulum 2013 dgn KTSP pak?
KTSP itu menerapkan pendididkan yang menerapkan pendidikan berkarakter , sedangkan kurikulum 2013 itu menerapkan tematik . baik dalam kurikulum 2013 itu juga menerapkan pendidikan berkarakter jika di SD itu dikelas atas, dari kelas IV – VI dan dari kelas I dan III untuk sementara tematik.
Apa yang dimaksud dengan tematik ?
Tematik itu jika di SD  satu pelaran mencakup semua pelajaran. Dari kelas I – III dari kelas IV – VI pelajaran yang mecakup yang diterapkan itu berhitung,contoh kecilnya pelajaran IPS,PKN,BAHASA INDONESIA akan disajikan dalam satu buku dan yang lain nya pun  sama.
Bagaimana pendapat bapak tentang kurikulum 2013 ?
Menurut saya, tidak ada salahnya gonta ganti kurikulum misalnya dari KTSP menjadi 2013 tetapi KTSP ada baiknya dijalankan dahulu samapai menemukan titik akhir saya tidak setuju jika sekarang sudah diganti menjadi kurikulum 2013 larena KTSP pun belum berjalan seperti yang diinginkan.
Apakah yang menyebabkan kurikulum KTSP diganti menjadi kurikulum 2013?
Mungkin belum ada kepuasan dari KEMENDIKNAS ataupun KEMENDIKBUD,timbulah rasa ketidak percayaan dengan kurikulum yang dulu.
Apakah bapak mempunyai rencana ingin menerapkan kurikulum 2013 dan apa alasannya ?
Saya pasti akan menerapkan kurikulum 2013 karena itu adalah tuntutan dinas,karena dalam SILABUS dan RPP pun harus sama dengan kurikulum yang ditetapkan .
Seandainya suatu sekolah tidak menerapkan kurikulum 2013,apakah ada ada sanksi untuk sekolah tersebut?
Biasanya itu tidak akan terjadi dkiarenakan disetiap pengawas sekolah pun akan menerapkan kurikulum yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan.
Apakah kelebihan kurikulum 2013?
Kelebihannya sama saja dgn KTSP, mungkin beda dalam penetapan mata pelajaran saja.

Dan apakah kekurangan dari kurikulum 2013?
Hanya menerapkan ilmu tematik dan sedikit ilmu social.
Menurut bapak apakah setelah kurikulum 2013 akan ada kurikulum selanjutnya?
Ada kemungkinan saja,bisa dirubah lagi jika KEMENDIKNAS dan KEMENDIKBUD belum merasa puas dengan kiurikulum sekarang.
Apakah di Negara lain  sering gonta ganti kurikulum seperti di Indonesia ?
Itu sangat berbeda karena di Negara lain jarang gonta ganti kurikulum contoh kecilnya Malaysia masih menerapkan kurikulum,jika tidak salah kurikulum 1997.
Mengapa di Negara lain jarang gunta ganti kurikulum ?
Karena sudah merasa pnedidikan nya sudah terpenuhi dengan kurikulum yang ditetapkan.
Apakah saran bapak unuk Dnas Pendidikan Indonesia ?
Saran saya tetapkan kurikulum jangan sampai berubah rubah karena belum juga mengerti kurikulum yang dulu sudah diberikan kurikulum yang baru.







0 komentar :

Posting Komentar