“MARTABAK MANIS”
DIAJUKAN SEBAGAI TUGAS AKHIR MATA PELAJARAN
KEWIRAUSAHAAN DAN UNTUK SYARAT MENGIKUTI UJI KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN
Di Susun Oleh :
|
||
Nama
Kelas
|
:
:
|
KIKI RAEHAN ABDULLAH
|
MA YPI AL-ULFAH
MALANGBONG
TAHUN AJARAN 2013/2014 MALANGBONG-GARUT
44188
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami
panjatkan kehadirat allah SWT,bahwa kami telah menyelesaikan tugas mata
pelajaran kewirausahaan dengan membahas susunan- susunan dalam bentuk proposal yang
berjudul “Usaha Makanan Martabak Manis”.
Dalam penyusuna tugas
ini,tak sedikit hambatan yang kami hadapi,namun kami menyadari bahwa kelancaran
dalam penyusunan proposal ini tidak lain berkat bantuan dorongan dan bimbingan
orangtua sehingga kendala kendala yang kami hadapi teratasi oleh karena itu
kami mengucap terima kasih kepada.
·
Ibu guru bidang
kewirausahaan yang telah memberikan tugas,petunjuk kepada kami sehingga kami
bermotifasi dan menyelesaikan tugas ini.
·
Orang tua yang telah
turut membantu,membimbing dan mengatasi berbagai kesulitan sehingga tugas
ini selesai.
Dalam penulisan tugas
proposal ini kami masih merasa banyak kekurangan baik pada teknis maupun
materi,mengingat akan kemampuan yang kami miliki untuk itu kritik dan saran
dari semua pihak sangat kami harapkan demi penyempurnaan pembuatan proposal
ini.
Harapan kami
semoga proposal ini dapat bermanfaat dan menjadi sumbangan fikiran bagi pihak
yang membutuhkan khususnya bagi kami sehingga tujuan yang diharapkan dapat
tercapai.
Malangbong, ......februari 2014
Kiki Raehan Abdullah
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang.
Dalam suatu pemasaran
banyak sekali berbagai bentuk dan macam2 aneka ragam makanan dari yang kecil
dan hingga besar dan dari yang murah hingga sampai yang mahal. Dalam kebutuhan
sehari-hari banyak sekali aktifitas yang dijalani dan juga pasti memiliki
makanan yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh. Makanan-makanan memang sudah
banyak sekali yang menjualnya tetapi makanan ini begitu sangat sederhana dan
baik dikonsumzi ketika malam hari agar terlihat lebih istimewa dipandangan
masyarakat. Dengan makanan ini dilakukan dengan cara pembuatan yang sederhana
dengan lebih baik dan higienis begitu juga harga terjangkau dan banyak pula
masyarakat yg berminat untuk membelinya dengan rasa yang cukup enak,nikmat dan
lezat.
Oleh karena itu saya
memilih jenis usaha yaitu “Martabak Manis” untuk dijual karena untuk
mengingatkan masyarakat indonesia agar tidak lupa makanan khas
indonesia,karena ini merupakan selingan dan baik untuk dikonsumsi.
1.2 Manfaat Pembuatan Proposal
1.Mengamati aspek-aspek penting dalam berwirausaha yang
harus diperhatikan sebelum memulai usaha.
2.menambah wawasan
tentang cara memulai usaha.
3.melatih dalam
pembuatan rencana anggaran secara sistematis 4.Sebagai pedoman wirausaha untuk
tetap fokus pada tujuan dan target bisnisnya.
1.3 Tujuan Pembuatan Proposal.
1.Meyakinkan
pihak-pihak yang akan memberikan dukungan baik keuangan maupun dokumentasi
moral.
2.Sebagai pegangan
dalam menjalankan usaha /bisnis.
BAB II
PERENCANAAN MODAL
2.1 Aspek Produksi.
Produk yg dijual
adalah Martabak Manis yang merupakan makanan selingan makanan sehari hari.
Untuk harga perporsi usaha ini sangat terjangkau dan relatif murah untuk
ukuran 12cm. dalam menjalankan usaha ini kita harus
mengetahui potensi pasar yang dijalani agar usaha yang dijalani dapat diterima
oleh semua kalangan masyarakat(konsumen).
Menentukan objek pasar
dalam menjalankan usaha ini harus menentukan objek pasar dengan strategi yang
mudah dijangkau oleh masyarakat(konsumen) ialah Tempat yang diambil di Jln Raya
sambi kediri karena tempatnya yang cukup strategis.
2.2 Aspek Pemasaran.
Dalam melakukan
promosi produk ini dengan menyebarkan brosur kepada masyarakat dengan promosi
disetiap pebelian 1 paket dengan isi 5 porsi akan memberikan 10% dari
harga tersebut.
2.3 Aspek Organisasi dan Manajemen.
Untuk usaha ini masih terbilang kecil jadi masih belum ada
karyawan untuk usaha ini.
2.4 Analisis SWOT.
Setiap kegiatan untuk memulai usaha saya harus mengukur
kemampuan saya terhadap lingkungan atau pesaing yaitu melalui analisi SWOT.
1.strength (kekuatan).
kekuatan dari produk ini ialah:
1. Menjual produk untuk semua kalangan
masyarakat.
2. 1 (satu) produk
terdiri dari beberapa macam bentuk dan rasa.
3. Bahan produk yg
terjamin sehat dan hiegienis.
2.weakness (kelemahan).
kelemahan dari produk ini ialah:
1.Tidak dapat tahan
lama.
2.Produknya mudah
ditiru.
3.produk tidak terjual
banyak
3. Opportunity (peluang).
peluangnya ialah:
1.Tempat strategis.
2.Fasilitas yang cukup
memadai.
4. threath (ancaman).
Adanya pesaing yang menjual produk dengan
harga yang tidak terlalu mahal.
2.5 Aspek Modal Usaha.
Modal dihasilkan dari
pinjaman orang tua sebesar Rp.3.000.000 dianggarkan dalam:
A. Biaya Tetap
-gerobak =Rp.500.000
-ofen =
Rp.200.000
-mixer =Rp 130.000
-kompor gas =Rp.100.000
-Meja+kursi =Rp.500.000
-piring kecil
2lusin @ 13.000 =Rp.
26.000
-sendok 2lusin @
12.500 =Rp.
25.000
-garbu 2lusin @ 12.500
=Rp
25.000
-gelas plastik 1pak
isi 5o pcs =Rp 24.000
-pisau makan 2lusin @
13.000 =Rp
26.000 +
Rp
1.556.000
B. Biaya Variabel:
-sewa tempat =Rp 10.000
-Listrik dan air =Rp 3.000
-Transportasi =Rp
10.000
-Pembuatan brosur =Rp
25.000
-Piring plastik
1lusin @ 150×10 =Rp
15.000
-Kardus 40biji
@250×50 =Rp
12.500
-gas elpiji =Rp
13.000
-sedotan 1pak isi 50 =Rp 3.000
Bahan baku:
-telur 3kg @
15.000×3 =Rp
45.000
-terigu 4kg @
6.000×4 =Rp
24.000
-gula pasir 2kg @
9000×2 =Rp
18.000
-air =-
-garam 1bngkus =Rp
1.000
-soda kue 3 @ 3000×3 =Rp
9.000
-blue band ½ kg =Rp
6.000
-pewarna kuning
2biji @ 1000×2 =Rp
2.000
-fermipan(pengembang
soda) 2biji =Rp 1.000
Bahan taburan:
-kacang tanah
1kg =Rp
14.000
-Meises ½ kg =Rp
10.000
-keju 1biji =Rp
6.000
-susu kental
manis 3kaleng @ 8.500 =Rp 25.500
-wijen 2ons =Rp
12.000
Bahan minum:
-kuku bima 1pak =Rp
3.500
-es batu ukuran
plastik 2kg =Rp 500
+
Rp 269.000
Jadi biaya variabel untuk 1bulan adalah Rp269.000×30 = Rp 8.070.000
C. Biaya tak terduga =
Untuk biaya tak terduga ialah Rp.100.000
BAB III
PERENCANAAN KEUANGAN
3.1 penentukan harga pokok produk
Biaya produksi (variabel) =HPP
Jumlah Produk jadi
Rp.269.000 =Rp 6.725 dibagi 40= Rp
6.800
Laba yang diinginkan
=Rp6.800 x 25 ibagi 100
= Rp1700
Harga jual =Hpp+Laba
=Rp6.800+Rp1700
=Rp8.500
3.2 analisis pendapatan:
Maka pendapatan perhari Rp8.500 x 40=Rp340.000
Maka pendapatan perbulan Rp.340.000 30=Rp10.200.000
`
3.3 analisis perencanaan laba
Analisis
pendapatan/bulan – biaya variabel/bulan
Rp10.200.000 – Rp8.070.000= Rp.2.130.000
BAB VI
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
harapan saya untuk
produk “Martabak Manis”ialah supaya produk
ini bisa lebih
Berkembang dan maju dan banyak konsumen yang meminatinya. Disamping itu,saya
mengharapkan
supaya produk makanan
ini tidak berkurang, karena produk ini sangat
bagus dan berkualitas.
4.2 SARAN.
Demikian proposal ini
kami buat. kami menyadari masih banyak kesalahn-kesalahan yang kami buat untuk
itu kritik dan saran dari bapak/ibu sangat kami harapkan. Atas perhatian dan
kerjasama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.
0 komentar :
Posting Komentar