rabu,
23 april 2014, pukul 14.00 WIB, Ine Ahyar Hasriza Dan Ranti Mariam ,datang ke
rumah se orang guru namanya pak kiki Abdullah untuk mewawancara seputar dunia
pendidikan yang menyangkut pautkan tentang internet.
Berikut
hasil wawancara yang telah diolah oleh
Ine Ahyar Hasriza Dan Ranti Mariam.
Kiki Abdullah, Guru SDN CILAMPUYANG 03 MALANGBONG
Berkarya dengan internet demi kemajuan pendidikan
Menjadi seorang guru bukanlah
hal yang mudah, apalagi berhadapan dengan kemajuan teknologi yang serba
digital. Selain mencerdaskan, guru juga harus
bertanggung jawab mempersiapkan mental anak didiknya supaya tangguh di era yang
akan datang.
Kiki Abdullah,
merupakan salah seorang guru yang kerap memberikan opini untuk
kemajuan pendidikan Tanah Air melalui blog di internet. Bloggger yang
mengabdikan diri sebagai guru di SDN Cilampuyang 03, malangbong ini menerima
sejumlah penghargaan atas aktivitasnya itu. Lalu, apa yang sebenarnya ingin
dicapai Kiki Abdullah melalui tulisan-tulisannya di blog untukdunia
pendidikan Indonesia?
Berikut ini petikan wawancara
dengan Kiki Abdullah.
Internet sekarang ini sudah menjadi media
virtual. Jadi, itu tergantung orang yang
menggunakannya. Seperti halnya media lain, saya pikir internet ketika dimanfaatkan secara positif akan banyak hal-hal
yang kita dapatkan di luar dugaan. Namun, ketika digunakan oleh orang-orang
iseng atau digunakan untuk hal yang negatif, internet juga akan menjadi sesuatu yang sangat tidak
bermanfaat.
Sejak
1990-an kita ini merupakan generasi digital native, penduduk asli dunia
virtual. Tak heran jika generasi sekarang
akrab dengan piranti internet seperti
facebook, twitter, blog,
dan lain sebagainya. Situasi itu tidak mungkin kita tolak. Untuk itu,internet tetap
memberikan kita manfaat, melalui internet kita secara cepat mendapatkan informasi.
Nah, seperti yang saya katakan tadi,
generasi sekarang adalah digital native sehingga perlu adanya
kesadaran bagi pendidik atau guru untuk
bisa mengarahkan generasi sekarang supaya bisa memanfaatkan internet dengan baik. Kalau generasi sekarang tidak mendapat
arahan secara baik, tentu ke depan generasi kita akan rusak.
Tidak
harus dilarang, kalau dilarang justru mereka akan melakukan tindakan-tindakan
di luar pengawasan kita sehingga justru tidak baik tadi. Siswa kita arahkan,
saya yakin mereka dapat memanfaatkan internet ini demi kebaikan masa depan mereka.
Awalnya
saya ini memang suka menulis. Sering tulisan-tulisan saya itu dimuat di
beberapa media cetak,
terutama di majalah pendidikan. Namun, banyak juga tulisan saya yang tidak
dimuat karena kebijakan redaksi. Padahal, tulisan itu saya buat dengan serius
dan banyak menghabiskan stamina. Nah, mulai saat itu saya berpikir tidak mau
tergantung dengan kebijakan redaksi. Akhirnya saya memilih menjadi redaksi bagi
diri sendiri menuangkan gagasan dengan membuat blog.
Mulai
nge-blog tahun 2007. Saat itu jaringan internet masih terbatas sehingga untuk mencari informasi yang saya butuhkan harus lari ke waret (warung internet) yang jaraknya cukup jauh. Pada 2008, akhirnya saya pasang
saluran antena internet sendiri
di rumah mengingat kebutuhan untuk menghidupi blog saya. Selain itu, nge-blogmerupakan aktivitas saya di sela-sela saya sebagai guru.
Pada
prinsipnya ada tiga hal yang saya bidik, yakni budaya, sastra, dan pendidikan.
Namun, memang terkesan lebih banyak untuk perkembangan pendidikan Indonesia.
Lewat blog ini, saya ingin bertukar pikiran dengan guru lain untuk memajukan dunia
pendidikan. Saya berpikir, menjadi seorang guru harus punya visi dan misi ke depan lebih baik. Selain
itu, guru bukan hanya menyampaikan kurikulum, melainkan juga
harus bisa menjadi inspirasi bagi generasi sekarang.
Bagaimana
pandangan Anda tentang pendidikan Indonesia sekarang?
Dunia pendidikan sekarang semakin
rumit dan kompleks. Tidak hanya pada persoalan menghadapi dunia digital, tapi
juga rentan dimasuki politik. Untuk itu, seorang guru harus update perkembangan dan pengetahuan
diri sendiri supaya mampu menghadapi persoalan yang dihadapi. Sudah banyak
tulisan yang saya tuangkan di blog,
itu wujud saya untuk sharing demi kemajuan pendidikan
Indonesia.
Pada
prinsipnya, saya ingin guru harus
cerdas, arif, dan matang dalam hal pengetahuan. Nah, kecerdasan guru yang
juga harus ditularkan kepada anak didiknya ada empat, yakni kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, dan sosial. Empatkecerdasan ini menjadi penting untuk guru dan pembekalan anak didiknya. Guru sebenarnya tidak
harus sarja na itu menurut saya karena apa gru yang pangkatnya sajana pun belum
tentu bias mengenal karakteristik setiap anak didiknya karena karakteristik
yang akan timbul dari anak didik dan bias di ketahui oleh seorang guru itu bsa
di lakukan dengan pendekatan terhadap anak didik itu, jadi meskipun sajana
tetapi belum bias seperti itu maka guru itu belum bias di sebut guru yang
professional “tetapi ya saya sendiri juga
belum bias seperti itu karena saya baru masuk dunia pendidikan baru dua taun
tmt saya pun tanggal 1 september 2012 jadi belum mengenal semuanya tentang
masalah itu hanya sekedar belajar. Sebenarnya saya jga belum pantas untuk di
sebut pendidik karena saya masih tahap di didik” tetapi dengan tanggung jawab
saya yang sekarang harus gimana lagi pasti saya jalani dengan ikhlas soalnya
jadi guru bagi saya sangat bangga dan cita-cita saya sejak saya mash kecil”.
Ujar kiki saat di wawancarai.
Blog
itu kan menjadi salah satu media
virtual. Melalui blog ini tentu ada sesuatu yang ingin saya sampaikan kepada
publik. Selama ini internet merupakan
alat komunikasi yang cepat dan mudah. Nah, blog juga alat komunikasi yang mudah sekaligus jangkauannya sangat luas. Setidaknya, blog yang berisi tulisan-tulisan saya itu mampu memberikan
pencerahan dan inspirasi rekan sejawat.
Keluarga
sangat mendukung sekali. pacar saya sangat tahu kegemaran saya menulis. Selain
itu, saya juga masih meluangkan banyak waktu untuk keluarga, terutama, seseorang yang saya sayangi. Dan dorongan
semuanya terutama pacar saya yang selalu nyemangatin saya untuk terus berkarya
apalagi saya gaulnya dengan laptop atau computer dan menjabat sebagai operator .
pasti akan lebih banyak kesempatan untuk berkarya buat menciptakan hal yang
baru dan positif dengan mengajarkan kepada anak didik untuk belajar menjadi
seseorang yang menciptakan sesuatu hal yang di anggap membahayakan dan di
anggap ga pentik tetapi menjadi lebih penting dan member kesan. Tetapi saya
juga menyaring semua yang saya lakukan karena ada hal positif dan negatipnya
itu yang harus kita tau laptop sebenarnya banyak pusngsi tetapi kita harus tau
mana pungsi yang baik buat kita dan engga buat semuanya . jadi tetap berkarya
dalam kebaikan jangan berkarya dalam keburukan pasti keluarga pun support semua
yang kita lakuin asalkan itu yang terbaik buat semuanya.
Bagaimana
harapan Anda ke depan?
Harapannya,
semua guru bisa nge-blog.
Ya, karena guru harus memiliki sisi kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial. Saya juga berharap Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bisa memperhatikan upaya guru membuat blog karena
saya pikir ini akan berdampak positif bagi dunia
pendidikan.
Menurut
anda apakah jejaring social banyak manfaatnya khususnya di kalangan pelajar?
Di
kalangan anak muda (pelajar), pemanfaatan internet terkesan negatif.
Persepsi ini muncul akibat dari banyaknya penyimpangan sosial oleh para pelajar dengan memanfaatkan internet. Video porno banyak beredar di kalangan pelajar karena “bantuan” oleh internet. Fasilitas game online sering menghipnotis pelajar sehingga lupa akan hitahnya sebagai pelajar. Warung internet dijejali oleh antrian pelajar baik pada jam sekolah maupun di luar jam sekolah. Jejaring sosial kadang disalah artikan sebagai media penipuan dan hubungan sesat. Serta banyak kejahatan (cyber crime) yang dilakukan oleh para pelajar.namun sebenarnya banyak hal positif yang bisa kita dapatkan ,diantara manfaat yang ada yaitu dalam hal pendidikan.
Persepsi ini muncul akibat dari banyaknya penyimpangan sosial oleh para pelajar dengan memanfaatkan internet. Video porno banyak beredar di kalangan pelajar karena “bantuan” oleh internet. Fasilitas game online sering menghipnotis pelajar sehingga lupa akan hitahnya sebagai pelajar. Warung internet dijejali oleh antrian pelajar baik pada jam sekolah maupun di luar jam sekolah. Jejaring sosial kadang disalah artikan sebagai media penipuan dan hubungan sesat. Serta banyak kejahatan (cyber crime) yang dilakukan oleh para pelajar.namun sebenarnya banyak hal positif yang bisa kita dapatkan ,diantara manfaat yang ada yaitu dalam hal pendidikan.
Seperti
disebutkan di atas, komunikasi adalah salah satu keuntungan terbesar dari
internet dalam pendidikan. Siswa dapat menghubungi siswa lain atau guru mereka
melalui E-mail jika mereka memiliki pertanyaan tentang informasi apapun.
Berbagi informasi, diskusi tentang topik tertentu, dll dapat dengan mudah
dilakukan dengan menggunakan internet. Pada saat yang sama, guru juga dapat
menghubungi orang tua dan wali murid menggunakan Internet.
Jadi
bagai mana solusi tepat nya untuk mengatasi penggunaan internet supaya tidak
menyimpang?
Untuk masalah penyimpangan itu tergantung diri yang
memainkanya karena internet harus penuh dengan kesadaran si pengguna. Mungkin
kalau anak kecil harut penuh dalam bimbingan orang tua dan untuk remaja juga
sama karena sekarang lebih banyak jejaring social yang menyediakan chating
otomatik harus penuh tanggung jawab untuk dirinya sendiri karena banyak kasus
dari jejaring social tersebut contoh ada seorang perempuan mati karena facebook
itu bukan mati karena di makan facebook tetapi sabab musababnya facebook nah
seperti itu mungkin. Jadi kita di harapkan untuk di kalangan pelajar di mohon
untuk mengerti apa yang akan kita kerjakana dan kita perbuat karena semua yang
kita kerjakan menjamin apa keselamatan diri kita dan kita yang akan
merasakanya.
Saran
anda untuk pengguna internet gimana ?
Saran saya adalah tolong untuk pengguna internet
pergunakan waktu dan internetan seperti browsing, chating. Download, upload.
Yang penting dan berguna karena ada hal yang lebih baik di kerjakan oleh kita
dan demi kebaikan kita. Keselamatan ada di tangan kita sendiri dan harus di
jaga oleh kita sendiri. Berkarya
lah denga adanya pasilitas seperti ini karena dengan kita berkarya orang lain
akan menghargai kita.
Biodata:
Nama
|
:
|
Kiki
Abdullah
|
Lahir
|
:
|
Garut
11 Desember 1994
|
Pekerjaan
|
:
|
Guru
SD Cilampuyang 03 & MTs Ma’arif 03
|
Alamat
|
:
|
Kp.
Pasar Kolot Km.3 Malangbong
|
:
|
SD
sekarwangi 02. Cikadu, (2006), SMP Darmaraja 01 (2007) MTs Ma’arif 01 (2009) MA YPI
AL ULFAH lewo baru (2010) MAS MA’ARIF 01 (2012) Malangbong
|
|
Pekerjaan
|
:
|
Guru
Kelas 5 di SD Cilampuyang 03, Operator Sekolah Di SD Cilampuyang 03 (2012) sampai sekarang
|
0 komentar :
Posting Komentar